5. Integrasi dan diskriminasi. b. Alat perekam pita• Rekaman pendidikan Menurut Hamalik ( 1994 : 99 ) rekaman penddikan berasal dari bahasa asing yaitu “recording” adalah sejenis alat audio. Rekaman adalah alat pembantu bagi pendidikan anak – anak. Dalam hal ini berarti rekaman berfungsi sebagai alat bantu guru.Sedangkan menurut Danim ( 1995 : 19 ) rekaman pendidikan adalah alat audio yang tidak diikuti dengan audio visual. Nilai rekaman dalam pendidikan Hamalik ( 1994 : 101 -102 ) adalah1. Rekaman dapat memberikan bermacam- macam bahan pelajaran dikelas2. Menjadikan pelajaran lebih kongkret, Bahan yang diperoleh asli3. Masyarakat dapat dibawa kedalam kelas melalui rekaman4. Mendorong berbagai kegiatan belajar serta motivasi belajar 5. Rekaman akan memberikan latihan6. Efisiensi dalam pengajaran bahasaSedangkan menurut Rivai ( 2005 :133 ) nilai dari rekaman seperti :a. Sebagai alat perespon dan evaluasi b. Rekaman dapat membantu melatih keterampilan berbicara dan pidato.c. Rekaman juga dapt dilakukan oleh sendiri sehingga siswa dapat mengevaluasi.• Rekaman audio-TapeDalam dunia pendidikan Rekaman audio-Tape Arsyad ( 2003 : 44) adalah isi pesan dan pelajaran yang dimaksudkan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauansiswa sebagai upaya mendukung terjadinya proses belajar. Materi rekaman audio- tapeadalah cara ekonomis untuk menyiapkan isi pelajaran atau jenis informasi tertentu.Jenis rekaman menurut Hamalik ( 1994 : 102 ) meliputi : rekaman musik, kesusastraan dandrama, studi sosial terutama sejarah, bahasa asing, bercakap – cakap dan olahraga.3. keuntungan dan kekurangan menggunakan media audioKeuntungan media audio, sadiman ( 2005 :50 ) :a. Harga murah dan variasi program lebih banyak daripada TV. b. Sifatnya mudah untuk dipindahkanc. Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang ataudiputar kembali.d. Dapat merangsang partisifasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan dayaimajinasi seperti menulis, menggambar dna sebagainya.e. Dapat memusatkan perhatian siswa seperti membaca puisi, sastra, menggambar musik dan bahasa.Keuntungan lainnya dari media audio sadiman ( 2005 : 51 )a. Dapat menggantikan guru dengan lebih baik misalnya menghadirkan ahli dibidang – bidang tertentu, sehingga kelemahan guru dalam mengajar dapat digantikan. b. Pelajaran lewat radio bisa lebih bermutu baik dari segi ilmiah dan metodis. Ini mengingatguru kita terkadang jarang mempunyai waktu yang luang dan sumber untuk mengadakan penelitian.c. Dapat menyajikan laporan seketika, karena biasanya siaran – siaran yang actual itu dapatmemberikan kesegaran pada sebagian besar topic.d. Dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.Keuntungan media audio Arsyad ( 2003 : 45 ) adalah :a. Merupakan peralatan yang sangat murah dan lumrah sehingga mudah dijangkau olehmasyarakat b. Rekaman dapat digandakan untuk keperluan perorangan sehingga isi pesan dapat beradaditempat secara bersamaan.
c. Merekam peristiwa atau isi pelajaran untuk digunakan kemudian.d. Rekaman dapat digunakan sendiri oleh siswa untuk mendengarkan diri sendiri sebagai alatdiagnosis guna untuk membantu meningkatkan keterampilan membaca, mengaji dan berpidato.e. Dalam pengoprasiannya relatif sangat mudah.Keterbatasan media audio Arsyad( 2003 : 46 ) adalah :a. Dalam suatu rekaman sulit menemukan lokasi suatu pesan atau informasi, jika pesan atauinformasi tersebut berada di tengah – tengah pita, maka akan memakan waktu yang lamauntuk menemukannya, apalagi jika radio-tape tidak memiliki angka- angka penentuan putaran. b. Kecepatan rekaman dan pengaturan trek yang bermacam – macam menimbulkan kesulitanuntuk memainkan kembali rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda.Sedangkan menurut Rivai ( 2005 : 131 ) penggunaan media audio dalam dunia pengajaranmemiliki Kekurangan antara lain :a) Memerlukan suatu pemusatan pada suatu pengalaman yang tetap dan tertentu, sehingga pengertinnya harus didapat dengan cara belajar yang khusus. b) Media audio yang menampilkan simbol digit dan analog dalam bentuk auditif adalahabstrak, sehingga pada hal-hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman visual.c) Karena abstrak, tingkatan pengertinnya hanya bisa dikontrol melalui tingkatan penguasaan pembendaharaan kata–kata atau bahasa, serta susunan kalimat.d) media ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyaikemampuan dalam berpikir abstrak.e) penampilan melalui ungkapaqn perasaan atau symbol analog lainnya dalm bentuk suaraharus disertai dengan perbendaharaan pengalaman analog tersebut pada si penerima. Bilatidak bisa terjadi ketidak mengertian dan bahkan kesalah pahaman.4. Cara penggunaan media audioDalam pembuatan atau penggunaan media ada beberapa peralatan pokok yang harusdiperhatikan diantaranya : mikrofon, alat perekam (recorder ), alat pemutar hasil rekaman( player), alat penyampur sumber suara (mixer) dan beberapa fasilitas lainnya yangdiperlukan. Rivai ( 2005 : 152 ).Langkah–langkah untuk mempersiapkan media audio Arsyad (2003:46 ) adalah :
¬
a) Mempersiapkan diri b) Mempersiapkan kesiapan siswac) Mendiskusikan membahas materi program audio.d) Mendengarkan materi audio yang akan dibahasSedangkan menurut sudjana ( 2005 : 130 ) langkah – langkah yang harus dipersiapkan dalammenggunakan media audio meliputi tiga hal yaitu :a. langkah persiapan meliputi : persiapan dalam merencanakan, memberikan pengarahanterhadap siswa mengenai ide – ide yang sulit, menentukan sasaran, periksa peralatan. b. Langkah penyajian meliputi : menyajikan waktu yang tepat, mengatur situasi ruangan, berikan motivasi untuk siswac. Tindak lanjut.Teknik penggunaan rekaman menurut Hamalik ( 1994 : 103 ) antara lain :
¬
a) Kelas harus dibawa kearah belajar mendengarkan rekaman secara aktif b) Guru hendaknya mengenal dan memahami rekaman tersebutc) Menguasai penggunaan rekaman dan cakap mempergunakan rekaman dalam belajar d) Kegiatan lanjutan
¬
Teknik dalam perekaman radio pendidikan sudjana ( 2005: 139 ), mengusulkan hal – halyang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
a. pilih subjek atau tema yang menarik dan mengundang perhatian mereka. b. Tentukan garis- garis besar cerita atau membuat synopsis.c. Tentukan pemain, pelaku, penangungjawab dan sebagainya.d. Adakan latihan diluar studio untuk melatih penjiwaan mereka.e. Pilih sound effect yang sesuai, kemudian coba rekam dan adakan revisi.5. Evalusi penilaian hasil dari media audioUntuk mengukur atau mengevaluasi sejauh mana perkembangan kemampuan siswamendengar, memahami, dan menghargai materi audio antara lain :1. Dengan memberikan tugas untuk mendengar rekaman kuliah atau pidato, siswa disuruhmengajukan pertanyaan atas apa yang didengarnya2. Untuk mendengarkan sebuah drama yang belum dikenal siswa ditugaskan untuk mengidentifikasi berbagai unsur seperti pembicara, waktu, peristiwa dan gasan – gagasan3. Untuk drama atau pidato kuliah, mintalah siswa secara kritis untuk mengevaluasi gagasan, pengucapan bicara, ekspresi dan aspek lainnya.4. Dengarkan sebuah cerita atau masalah dan hentikan cerita sebelum berakhir, kemudianminta siswa untuk mengungkapkan akhir bagaimana akhir dari cerita atau masalah tersebutmenurut versi mereka sendiri
BAB IVKESIMPULAN
Berdasarkan hasil laporan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut :1. SMA Nugraha merupakan sekolah swasta yang baru mendapatkan akreditasi “B” dariBAN, oleh karena itu dalam pengembangan medianya masih sangat sederhana dalam masa peningkatan.2. SMA nugraha memiliki fasilitas yang sangat sederhana sekali mulai dari alat – alat untuk laboratorium yang digunakan oleh anak – anak IPA meskipun terbatas karena tidak memilikiruangan khusus laboratorium. Sedangkan untuk pengembangan komputer sudah memilikiruangan sendiri.3. Untuk pengembangan media pengajaran agama masih menggunakan media dan metodeyang biasa digunakan akan tetapi untuk tahun depan pelajaran agama ini akan dilakukan peningkatan dengan menerjunkan langsung siswa untuk materi - materi tertentu.4. Untuk pengembangan media selanjutnya SMA nugraha ini berusaha terus untuk meningkatkan pendidikannya mulai dari para guru dalam memberikan pelajarannya dansmua staff yang berada disekolah ini.Sedangkan untuk kesimpulan dari mata kuliah media pembelajaran yaitu :1. Media adalah Segala sesuatu yang digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian perhatian siswa sehingga mendorong proses belajar mengajar.2. Jenis Media yaitu : Interaksi Insani, Realita1. Pictoria2. Simbol Tertulis3. Rekaman yang digunakanKriteria pemilihan mediaTujuanSesuaikemampuan
seorang guruSesuaikematangan peserta didik a. Efektifitas dan efisiensinyasesuaidengan situasi dan kondisi peranan Mediaa. Menjelaskan penhyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis b. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indraMasyarakat adalah tempat orang-orang hidup bersama yang menghasilkan kebudayaanMasyarakat berfungsi sebagai penerus budaya dari generasi kegenerasi secara dinamis sesuaisituasi dan kondisi serta kebutuhan masyarakat, melalui pendidikan dan interaksi sosial.Grafik adalah keterpaduan yang lebih menarik dari sejumlah tabulasi data data yang tersusundengan baik. Untuk memperhatikan perbandingan, informasi, kualitatif dengan cepat sertasederhana.Chart / Baganfungsinya yang pokok adalah menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanyadi sampaikan secara tertulis atau lisan secara visualDiagramSuatu gambar sederhana yang mengunakan garis garis dan symbol- symbol, diagrammengabarkan struktur dari objek secara garis besar.kartunadalah penggabaran dalam bentuk lukisan dan karikatur tentang orang, gagasan atau situasiyang didisain untuk mempengaruhi opuini masyarakat.. Still Picture ( gambar diam )adalah Gambaran di peroleh dari berbagai sumber, surat-surat kabar, majalah-majalah, brosur-brosur, dan buku-buku ,gambar, lukisan kartun, ilustrasi, foto membantu mendorong para siswa dan dapat membangkit kan semangatnya pada pelajaran, membantu merekadalam mengebangkan kemampuan berbahasa, kegiatan seni, dan pernyataan kreatif dan berceritaMedia audio• adalah banyak media untuk menyampaikan pesan yang akan di sampaikan dalam bentuk lambang – lambang auditif, baik verbal ( kedalam kata-kata atau bahasa lisan ) maupunverbal.Fungsi media audio• untuk melewati segala kegiatan perkembangan keterampilan terutama yang berhubungandengan aspek – aspek keterampilan pendengaran.Film Merupakan gambar dalam frame demi frame di proyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehinga pada layer terlihat gambar itu hidup. Video sebagai media audiovisual yang menampilkan gerak.8. TelevisiTelivisi pendidikan adalah penggunaan progam video yang di rencanakan untuk mencapaitujuan pengajaran tertentu tanpa melihat siapa yang menyiarkannya.Komputer adalah suatu alat yang dapat menerima informasi, melaksanakan produser pemerosesan terhadap informasi tersebut, pada dasarnya alat komputer punya tiga fungsi pokok, yakni fungsi penerimaan informasi, fungsi pemprosesan informasi dan fungsi...
Kk mau tnya dong. Ini sumbernya dri buku apa ya
ReplyDeleteDari buku teknologi informasi . Cuma saya lupa nama bukunya kak .
Delete